sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Sabtu, 22 Maret 2014

Tujuh Langkah Memulai Bisnis dari Rumah

Bagaimana memulai bisnis dari rumah? Dewasa ini bekerja di rumah merupakan peluang besar bagi siapa pun. Ada beragam jenis pekerjaan yang dapat dijadikan bisnis dari rumah, tapi berbisnis dari rumah tidak langsung cepat atau otomatis sukses. Hal ini memerlukan penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan ketekunan. Bila Anda mempertimbangkan untuk menjalankan usaha dari rumah, langkah-langkah berikut dapat anda perhatikan:

Langkah pertama: Tentukan apa yang Anda inginkan. Kedengarannya cukup mudah: setiap orang ingin memiliki lebih banyak uang, rumah yang lebih baik, relasi yang lebih baik, dan tentu saja waktu yang lebih fleksibel. Tujuan ini tentu saja baik, namun belum mencerminkan tujuan yang lebih jelas dan tidak mengilhami tindakan. Jadi tetapkan detail apa yang Anda inginkan. Lebih spesifik lagi, misalnya dalam hal warna, ukuran, bentuk, merek, dsb. Bagi Anda yang sudah menikah dan memiliki anak, apakah Anda ingin berada di rumah bersama anak-anak setiap hari? Berapa banyak dana yang diubutuhkan untuk memulai bisnis yang anda geluti nanit? Apa ukuran dan gaya rumah sebenarnya yang Anda inginkan? Dimana lokasinya? Berapa luas pekarangannya? Ini hanya contoh. Semakin spesifik tujuan Anda, maka Anda semakin mudah untuk fokus dan terinspirasi olehnya. Bahkan, keinginan tersebut adalah bahan bakar yang akan membuat Anda bergerak maju ketika masalah mulai merintangi.

Langkah Kedua: Percaya bahwa impian Anda itu mungkin. Bekerja di rumah adalah mungkin, dan jutaan orang telah membuktikan hal itu bisa berhasil. Mereka tidak lebih pintar atau lebih berbakat atau lebih beruntung dari Anda. Mereka hanya tahu bahwa bekerja atau berbisnis dari  rumah bisa dilakukan dan mereka berani melakukannya. Anda juga dapat melakukan hal yang sama.

Langkah ketiga: Sadari bahwa bekerja atau berbisnis dari rumah itu sulit. Dari penelitian sebuah studi dikethaui bahwa orang yang berani mencoba lalu menemui berbagai kesulitan dan melakukan kesalahan ternyata lebih sukses daripada mereka yang tidak pernah menerima tantangan baru dalam hidupnya. Orang-orang yang demikian menyadari bahwa kesalhan adalah bagian dari proses pembelajaran dan bertekad untuk belajar dari kesalahan. Bekerja atau berbisnis dari rumah juga demikian, ada orang yang melakukannya dengan mulus dan berhasil, dan ada yang tidak. Semua in adalah bagian dari proses, kalau tidak mencoba bagaimana anda tahu?

Langkah keempat: Ambil tindakan. Memiliki tujuan tanpa tindakan sama seperti memiliki peta jalan tetapi tidak menempatkan diri Anda berada dalam kendaraan, sehingga Anda tidak sampai dimana pun. Sebuah kutipan yang bagus dari Mark Twain mengatakan bahwa: "Rahasia untuk maju adalah dengan memulai." Sayangnya, kebanyakan orang berhenti pada tahap ini. Akhirnya mereka tak melakukan apapun untuk sampai ke tujuan.

Langkah kelima: Bertanggung jawab 100%. Tempat dimana anda berada sekarang adalah hasil dari pilihan yang Anda buat di masa lalu. Kehidupan tidak selalu mudah. Hidup menyajikan tantangan, tetapi orang-orang yang paling sukses dalam sejarah telah mengatasi rintangan besar untuk mencapai keberhasilan.

Kyle Maynard lahir tanpa lengan di bawah siku dan  tungkai di bawah lutut. Meskipun ia memiliki keterbatasan fisik, namun Kyle adalah salah satu pegulat top di Georgia pada masa-masa SMAnya. Pada tahun 2004 catatan rekornya mengesankan 35-16. Dia juga seorangpenulis buku berjudul "No Excuses". Anda mungkin tidak memiliki keterbatasan fisik seperti Kyle, oleh karena itu alasan menyerah tidak seharusnya menghalangi Anda untuk mengambil tindakan pada terhadap tujuan.

Langkah keenam: Berusaha mengatasi ketakutan.  Ketakutan adalah apa yang membuat kita ingin tetap berada di zona nyaman. Untuk berbisnis di rumah, apa yang Anda takutkan? Apa yang orang pikirkan? Siapa yang peduli!? Kemungkinan mereka tidak pernah berpikir tentang ide bisnis Anda, dan belum tentu dapat memberi Anda saran untuk mewujudkannya. Untuk mengatasi rasa takut, Anda perlu membuat impian Anda lebih besar dari rasa takut. Keinginan untuk bekerja di rumah harus lebih besar dari ketakutan akan apa yang orang lain katakan tentang rencana Anda.

Langkah ketujuh: Bersedia membayar harga. Hal ini tidak selalu berbicara tentang uang, meskipun kadang-kadang  merupakan bagian dari mencapai tujuan Anda. Membayar harga berarti berani berkorban dan bekerja lebih keras daripada apa yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Kegiatan-kegiatan rumah yang nyaman seperti membaca dan menonton televisi mungkin harus Anda tinggalkan sebagian, dan mengisi waktu tersebut untuk bisnis. Anda mungkin perlu menghemat pengeluaran – jika masih dapat dihemat – agar Anda memiliki uang tambahan untuk membangun bisnis Anda.

Bekerja di rumah memungkinkan bagi siapa saja dengan ide bisnis yang tepat, asalkan Anda bersedia untuk melakukan pekerjaan tersebut. Mulailah dengan memiliki pola pikir yang benar dari keyakinan dan kemauan untuk melangkah keluar dari zona kenyamanan Anda dan bekerja menerima tantangan.

0 komentar:

Posting Komentar