sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Sabtu, 22 Maret 2014

Cara Membuat Tanda Tangan pada Dokumen Word

Pada artikel sebelumnya, dibahas cara mengirim surat lamaran kerja lewat email. Kali ini, atas permintaan pembaca kami menyajikan cara memuat tanda tangan pada surat lamaran kerja dalam format Microsoft Word.

Sebagaimana kebiasaan sebelum mengirimkan surat lamaran via pos atau offline, Anda membubuhkan tanda tangan di dalamnya, demikian juga via email. Disini, tanda tangan yang Anda bubuhkan berformat digital. 

Kita perlu file image tanda tangan yang akan disisipkan di atas nama penandatangan (signaturer). Image tanda tangan ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni dipindai menggunakan scanner, atau  ditulis menggunakan aplikasi lain dalam format digital. Mari kita bahas keduanya berurutan.

1. Menggunakan scaner


Langkah 1
Ambil kertas putih  hvs misalnya, bubuhkan tanda tangan Anda di atasnya, kemudian scan. Simpan hasil scan dalam format jpg.

Kadang-kadang image hasil scan tidak selalu tampak putih, mungkin sedikit keabu-abuan. Jika ini terjadi, Anda perlu menyunting sedikit agar latar belakang image agar sama dengan warna layar dokumen Microsoft Word, sehingga enak dilihat.

Untuk memungkinkan hal ini,  kita gunakan Adobe photoshop. Buka file tanda tangan Anda. Perhatikan hasil scan tanda tangan berikut.

Klik Menu Image, Adjustment, Selective Color



Pada windowbox Color, pilih White, kemudian gerakkan button Black ke kiri (secukupnya bila Anda rasa background sudah seputih layar Microsoft Word), klik OK.

Cara ini dapat Anda ulang sampai hasil yang Anda inginkan memuaskan.

Simpan kembali

Langkah 2
Sisipkan file tanda tangan Anda ke file Microsoft Office
Klik menu Insert, Picture, pilih file, Ok.

File Anda mungkin tersisip sembarangan, sebaiknya sebelum menyisipkan letakkan kursor dekat area dimana tanda tangan akan diletakkan.

Agar posisi tanda tangan Anda dapat diatur secara fleksibel, klik kanan image tanda tangan, pilih  Text Wrapping, Behind Text.


Anda dengan mudah dapat menempatkan tanda tangan di area yang Anda inginkan.


Hasilnya seperti ini.

Sekarang tugas membuat tanda tangan digital selesai dengan cara menscan.


2.  Menggunakan aplikasi lain
Ini dapat Anda lakukan dengan 3 cara, yakni dengan menggunakan CorelDraw, Paint, atau dengan menggunakan kamera. Namun disini saya tidak membahas CorelDraw karena akan terlalu panjang bahasannya.

A. Gunakan Paint untuk membuat tanda tangan.

Buka aplikasi Paint, yang bisa Anda temukan dari menu Start, Accessories, atau mungkin ada di dekstop Anda?

Kemudian pilih Brush dan Dot yang ditandai dengan lingkar merah.

Sekarang saya buat sampel  tanda tangan. Cara ini relatif sulit, kecuali Anda sudah terbiasa menggambar dengan pen tool.
Setelah itu pilih Select, klik kanan Copy, lalu Paste ke file Microsoft Office.

Selanjutnya lakukan bagian terakhir Langkah 2 di atas untuk menempatkan tanda tangan secara fleksibel.

B. Gunakan camera (Digital/Handphone) 
Jika tidak ada scaner, Anda dapat mengambil gambar tanda tangan dengan menggunakan camera. Usahakan mengambil gambar di tempat yang terang dan seproporsional mungkin (tidak miring). Transfer file gambar Anda ke komputer. Barangkali Anda perlu melakukan penyuntingan, apabila gambar hasil camera digital/HP Anda cukup besar.

Misalnya, gambar hasil kamera HP ini akan saya edit dengan ukuran optimal menggunakan Adobe photoshop lagi seperti di atas.

Selanjutnya, Crop area tanda tangan

Bila background area tandatangan perlu diputihkan, lakukan seperti Langkah 1 di atas (Memutihkan area tanda tangan hasil scan).

Simpan file Anda. Lakukan Langkah 2 di atas untuk menyisipkan image tanda tangan Anda ke file Microsoft word.

Demikian cara membuat tanda tangan ke dalam file dokumen Microsoft Word. Anda dapat menggunakan salah satu cara yang lebih Anda sukai. Semoga bermanfaat.

12 komentar:

  1. sangat membantu, trims kak sharenya

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah.
    Terimakasih artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  3. Sangat membantu....thanks yaa..

    BalasHapus
  4. Lebih baik kertasnya diprint dulu lalu ditanda tangan setelah itu discanner, daripada caranya ini tanda tangannya gampang dipalsukan atau disalahgunakan pihak tidak bertanggungjawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau niatnya tdk baik, yg kita ttd jg bsa di palsukan toh.. tiggal si peniat jahatnya ikuti langkah di atas di file yg asli..

      Hapus
  5. Terima kasih..sangat bermanfaat 😍

    BalasHapus