sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Penurunan daya ingat dan kemampuan berkonsentrasi dapat menjadi hal yang menjengkelkan setiap orang. Bayangkan, bila Anda harus meminta lawan bicara mengulang pembicaraan mereka, hanya karena Anda sulit berkonsentrasi. Bukan itu saja, kesulitan berkonsentrasi dan penurunan daya ingat dapat menimbulkan masalah bila itu terjadi pada hal-hal penting.

Apa itu  daya ingat dan konsentrasi

Ingatan atau memori adalah kegiatan mental untuk mengumpulkan dan memanggil kembali informasi yang diperoleh dari pengalaman maupun dipelajari.

Konsentrasi adalah kemampuan dalam memfokuskan pikiran pada tugas atau serangkaian tugas sementara mengabaikan gangguan lainnya pada rentang waktu tertentu. Konsentrasi dapat terganggu akibat penyakit neurologis atau gangguan perhatian yang membuat kita sulit berkonsentrasi. [Ask]
Dengan demikian, ingatan dan konsentrasi berkaitan dengan kegiatan otak.

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Kemampuan mengingat maupun berkonsentrasi dipengaruhi oleh gaya hidup dan usia. Akan tetapi, untuk mempertahankannya, ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi:

1. Memberi perhatian atau memperhatikan

Kita sulit menerima informasi kecuali memberi perhatian terhadap sesuatu, demikian juga dengan mengingat.

2. Menggunakan indra semaksimal mungkin
Misalnya, jika Anda kebetulan sedang berada di toko buku Anda mungkin memperhatikan beberapa buku dan membaca sekilas tentang buku-buku tersebut. Bila kemungkinan di lain waktu Anda ingin menemukan atau membelinya, maka cara paling mudah untuk mengingat adalah memperhatikan judul, warna dan gambar sampulnya secara detail, atau hanya mengingat nama pengarang dan judul.

3. Menghubungkan informasi baru dengan apa yang sudah Anda ketahui. 
Informasi baru lebih mudah diingat jika dapat dikontekstualisasikan. Misalnya, jika  Anda mendapat resep obat antidepresan baru, Anda dapat menghubungkan efek sampingnya terhadap efek samping obat antidepresan lama. Dengan begitu, Anda mungkin membandingkan keduanya. Proses ini akan membantu Anda mengingat obat antidepresan baru secara lebih detail.

4. Buat informasi terstruktur
Misalnya, jika Anda perlu mengingat apa saja bahan yang Anda butuhkan untuk memasak, pikirkan terlebih dahulu apa yang ingin Anda hidangkan. Misalnya, Nasi goreng. Uraikan apa saja yang terlihat pada sajian nasi goreng. Bila masih ada yang ketinggalan, ingat bagaimana bau nasi goreng, rasanya, warnanya, dst. Dengan demikian Anda dapat memunculkan dalam ingatan bahan-bahan apa saja yang Anda butuhkan.

5. Gunakan mnemonik
Artinya, mengikat informasi ke gambar visual, kalimat, akronim, atau sajak. Sebagai contoh, Anda mungkin ingat Gus Dur setiap mendengar atau membaca bayolan “gitu aja kok repot”. Atau ingat Josh Groban, setiap anda melihat gerobak. Atau menghubungkan sesuatu dengan ciri-ciri yang tampak pada mereka.

6. Memahami informasi
Cobalah untuk memahami materi yang lebih kompleks sebelum Anda mencoba untuk mengingatnya. Jika mungkin, meringkas materi dalam kata-kata Anda sendiri dan menulis atau mengetiknya sendiri. Kemudian, kelompokkan materi atau ringkasan dari materi sehingga lebih mudah untuk diingat. 

Misalnya, cara mendapat gambaran terhadap isi skripsi adalah dengan memahami judul, kemudian perhatikan daftar isi. Buat ringkasan poin-poin penting dari setiap bab dan sub bab. Dengan memanipulasi informasi dengan cara ini, Anda memaksa diri Anda untuk berpikir tentang hal tersebut secara aktif secara aktif.

7. Latihan mengingat kembali
Latihan mengingat kembali informasi membutuhkan serangkaian tindakan. Latihan mengingat dengan cara melakukan perulangan akan memperkuat ingatan. Misalnya, Anda sedangi melihat sebuah cuplikan cerita Donal Bebek di internet. Lalu ingatan Anda menerawang, dan Anda mungkin mampu mengingat cuplikan tersebut bagian dari seri yang mana. Kemungkinan besar, kemampuan ini Anda peroleh jika Anda sudah bolak-balik membaca seri yang sama.

Lihat, betapa ketertarikan dan perhatian sangat berpengaruh pada daya ingat.

8. Melatih pikiran.
Bukan rahasia lagi, bahwa seiring bertambahnya usia, seperti hal-hal lainnya, daya ingat akan mengalami penurunan. Cara untuk memperlambat hal ini adalah dengan aktif berpikir, misalnya Jadi mengembangkan hobi baru, membaca novel, belajar bahasa asing, atau berlatih sendiri di TTS atau sudoku

9. Menjalankan gaya hidup sehat.
Makan makanan yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur, dan menghindari merokok. Sebagian perokok mengatakan bahwa mereka sulit berkonsentrasi bila tidak merokok. Mungkin, itu berlaku bagi diri mereka sendiri.

Gaya hidup sehat tentu saja membantu kita mempertahankan jumlah darah dan oksigen yang dikirim ke otak secara optimal, dan mengurangi risiko kondisi medis yang dapat menyebabkan kehilangan memori seperti penyakit, stroke, dan diabetes Alzheimer. Olahraga juga meningkatkan endorfin, sehingga timbul perasaan senang, yang meningkatkan mood dan menghindari depresi.

10.  Tidur yang cukup
Tidur diperlukan untuk menyegarkan memori, sehingga  meningkatkan perhatian dan konsentrasi.

Demikian beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ingatlah, bahwa gaya hidup sehat sangat membantu kita mempertahankan kemampuan tubuh secara optimal.

0 komentar:

Posting Komentar