sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Rahasia Hidup Sehat dan Bugar


Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Oleh karena itu untuk memperoleh kesehatan diperlukan upaya yang terus menerus dari setiap individu.

Berikut ini ada beberapa tips agar tubuh tetap sehat dan bugar:

Cukup Istirahat

Kualitas istirahat dapat dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal dan aktivitas sehari-hari. Istirahat yang berkualitas dapat diperoleh dengan cukup tidur yang akan membuat pikiran dan tubuh menjadi segar. Pastikan anda selalu merasa nyaman untuk tidur malam anda, dengan suasana kamar yang sejuk, tenang (tidak berisik), dan bersih. Tidurlah dengan nyenyak tanpa pikiran selama 7-8 jam.

Lingkungan nyaman, tenang, dan bersih
Lingkungan yang nyaman, tenang, dan bersih akan membantu Anda untuk menikmati istirahat yang berkualitas. Suara berisik dan lingkungan yang berbau tidak sedap dapat mengganggu kinerja otak dan faktor psikologis yang menyebabkan tubuh sulit rileks, dan tentu saja akan membuat Anda kesulitan untuk tidur. Pastikan lingkungan Anda nyaman untuk menikmati istirahat.

Konsumsi Makanan sehat

Pola makan anda akan sangat menentukan kesehatan tubuh dan berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh. Terlebih lagi makanan yang anda makan akan sangat berpengaruh terhadap “bentuk fisik” dari setiap manusia. Kalau anda mau terlihat segar, makanlah makanan yang segar-segar seperti sayur sop, sukiyaki, sayur bayam, ayam rebus, tahu kukus, buah-buah segar, dll. Usahakan proses pembuatan makanan yang anda konsumsi tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi, kolesterol, dan zat-zat yang berbahaya seperti pewarna dan pengawet. makanan yang pengolahannya dengan dikukus, direbus atau dipanggang akan lebih baik daripada yang di goreng.

Olahraga secara teratur
Biasakan berolahraga secara teratur.Misalnya, anda melakukan jogging 2 kali seminggu dapat memberi latihan pada otot agar tetap aktif.  Olahraga yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah dan menguatkan otot-otot yang kendur. Vitalitas anda akan tetap terjaga sepanjang hari.

Aturlah pola pikir Anda
Kita semua mengakui bahwa dari hari ke hari, hidup ini semakin kompleks. Di tengah kesibukan Anda harus tetap meluangkan waktu untuk berpikir tenang, menikmati waktu untuk diri sendiri secara pribadi, berbagi dengan orang lain, atau melakukan kegiatan lainnya, dimana Anda sepenuhnya terlibat tanpa diusik oleh urusan lain yang membuat Anda harus bekerja multitasking. Menyediakan waktu untuk diri sendiri merupakan cara yang tepat untuk mereview perjalanan Anda, bahkan yang paling penting untuk bersyukur atas segala bentuk kehidupan.

Demikian tips singkat dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar