sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Kamis, 27 Maret 2014

Tips Mencari Teman: Tingkatkan Kualitas Diri Anda


Kebanyakan orang berpikir bahwa memuji diri sendiri, agak kedengaran sombong. Sebaliknya, kita malah sering merendahkan diri sendiri atas kualitas diri yang kita anggap kurang. Berpikir demikian boleh-boleh saja jika hal itu ditujukan sebagai kritik untuk memperbaiki diri. Namun, terus fokus terhadap kekurangan dapat menghambat upaya kita untuk memperbaiki diri dan menciptakan pertemanan dengan orang lain.

Membina hubungan baik dengan orang lain atau berteman merupakan salah satu kunci yang mendukung keberhasilan kita, baik bisnis maupun kehidupan pribadi. Kita mungkin berpikir, orang kaya, cantik atau ganteng, punya bisnis bagus selalu menjadi magnet bagi orang sekitarnya. Itu benar. Tetapi siapa bilang Anda harus memiliki semua itu untuk memiliki kehidupan pribadi dan hubungan pertemanan yang baik?

Bagaimana kita bisa memiliki percaya diri jika kita berpikir bahwa kita tidak memiliki kualitas yang dapat ditawarkan untuk membina pertemanan? Bagaimana kita bisa percaya bahwa orang lain bisa menyukai kita jika selalu menyabotase pikiran bahwa kita hanya punya sejumlah kekurangan?

Royane Real,seorang penulis tentang bagaimana menciptakan persahabatan mengatakan bahwa jika Anda ingin sukses secara sosial, penting untuk menerima kenyataan bahwa tidak semua orang akan menyukai Anda dalam semua keadaan.

Tidak semua orang akan menyukai Anda, terutama pada pertemuan pertama. Setiap orang memiliki pola unik sehubungan dengan apa yang disukai dan tidak sukai, hal ini sudah terbentuk jauh sebelum Anda bertemu mereka. Jadi, jangan menghakimi diri sendiri dan merasa gagal jika tampaknya orang lain tidak menyukai Anda.

Belajar untuk menyukai diri terlebih dahulu akan membantu kita dalam meningkatkan kemampuan kita dalam pertemanan. Yakinlah bahwa diri Anda sungguh berharga.

Jika seseorang tampaknya tidak menyukai Anda, alasan ketidaksenangan tersebut mungkin hal kecil atau sama sekali tidak ada hubungannya dengan Anda. Jika orang lain tampaknya tidak menyukai Anda, itu tidak berarti bahwa Anda tidak pantas disukai. Ini hanya soal pola yang disebutkan di atas, bahwa setiap orang punya karakteristik unik soal apa yang mereka suka dan tidak sukai.

Beberapa kualitas yang Anda anggap minus dari diri Anda mungkin tertutupi oleh kualitas Anda yang lain. Mungkin Anda merasa Anda bukan wanita yang baik dalam soal berhadapan dengan pria. Misalnya, Anda selalu kikuk dan merasa penampilan Anda kurang menarik. Tetapi, ketika Team-Work Anda melakukan outbond, mereka bisa melihat sisi Anda yang belum terlihat sebelumnya. Anda easygoing, menyukai alam, gesit dan punya selera humor yang baik.

Jika Anda khawatir bahwa Anda tidak cukup cantik untuk menarik teman-teman, perlu diingat bahwa tidak semua orang mencari kecantikan fisik pada teman-teman mereka.

Jangan fokus pada semua kekurangan Anda. Setiap orang memiliki kelemahan. Fokuslah pada aset Anda, yakni kualitas pribadi Anda.

Jika kita fokus pada kualitas yang baik maka kita akan memiliki lebih banyak keyakinan bahwa kita memiliki sesuatu yang bernilai untuk ditawarkan dalam suatu hubungan.

Berpikir bahwa diri sendiri memiliki kualitas yang baik bukan berarti sombong, ini hanya untuk mengingatkan diri kita bahwa kita fokus pada hal-hal baik tersebut. Dan, kita pun cenderung mengembangkan hal-hal baik lainnya.

Selamat mengembangkan kualitas pribadi dan menciptakan pertemanan yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar