sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Sepuluh Cara Agar Tetap Bahagia Bekerja

Sebagian besar dari kita sangat bersyukur memiliki pekerjaan, tetapi kadang semangat kerja kita menurun.  Beragam situasi kita hadapi yang mungkin menjadi alasan penyebab melorotnya semangat bahkan kinerja kita. Kita tidak dapat mengendalikan semua faktor-faktor tersebut, tetapi ada hal yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan semangat Anda dalam pekerjaan.
Barangkali tips berikut ini dapat membantu mempertahankan semangat anda bekerja.
1.Evaluasi pekerjaan Anda dan cara agar anda bekerja lebih efisien dan terorganisir
Jika saat ini anda merasa bahwa selama telah menyia-nyiakan banyak waktu, temukan cara yang lebih baik untuk mengisi waktu anda dengan kegiatan yang bermanfaat, atau awasi jadwal anda seketat mungkin. Dahulukan yang paling penting diantara yang penting.
Setiap orang memiliki kemampuan yang unik dalam memberi kontribusi di tempat kerja. Lihatlah keterampilan dan aspek-aspek dari pekerjaan Anda yang paling Anda cintai dan ciptakan cara untuk mencapai kemajuan dalam pekerjaan yang Anda sukai.

3. Tunjukkan kepada rekan kerja bahwa Anda menghargai pekerjaan mereka
Hal ini kedengarannya sepele tetapi dapat memberi pengaruh yang besar. Setiap orang membutuhkan pujian dan jika Anda berupaya memberi pujian yang tulus kepada rekan kerja Anda, maka mereka akan membalasnya dengan kebaikan. Pujian dapat menciptakan lingkungan yang lebih positif. Semakin seseorang merasa dihargai, semakin baik mereka bekerja.
4. Jangan terjebak dalam pikiran negatif.
Sikap dan kinerja sangat berkaitan erat dan keduanya setara. Karyawan dengan sikap positif lebih mungkin untuk maju dibanding karyawan dengan sikap yang buruk. Jadi, hindari nada negatif  dalam rapat, dalam  komunikasi dengan rekan kerja atau pelanggan. Negativitas bersifat menular dan ketika Anda menghadapi situasi yang sulit, cobalah meminimalkan keluhan karena hal ini bisa merusak karier Anda.
5. Bicarakan dengan manajer Anda tentang harapan pekerjaan mereka dan tetapkan tujuan yang mendekati harapan mereka. Orang yang tidak memiliki tujuan akan lebih mudah keluar jalur; orang yang memiliki tujuan yang bekerja menuju sesuatu, tidak semata-mata hanya ‘melakukan tugas’.
6. Ciptakan persahabatan di tempat kerja.
Dalam bukunya "Vital Friends: The People You Can't Afford to Live Without," Tom Rath berbicara tentang pentingnya persahabatan dalam bekerja. Orang yang memiliki sahabat di tempat kerja tujuh kali lebih mungkin menikmati pekerjaan mereka. Para karyawan biasanya pergi makan siang bersama-sama dan membangun hubungan di luar tempat kerja. Hal ini menjadi sebuah sistem yang mendukung di tempat kerja.
7. Akui kelemahan Anda. 
Misalnya, jika Anda bukan orang yang terorganisir namun rekan kerja Anda sebaliknya, maka tidak perlu malu menanyakan apa rahasianya. "Pergilah makan siang dengan orang yang memiliki keterampilan yang Anda butuhkan atau anda hargai, minta waktu mereka untuk menjelaskan “apa sih yang membuat mereka lebih baik?” Jika Anda bukan orang yang secara alami berpikir positif, maka posisikan diri Anda di tengah orang-orang positif. Cara yang baik untuk menumbuhkan sikap yang lebih positif adalah dengan melakukan pekerjaan sukarela, yang dapat mengajarkan Anda betapa pentingnya penghargaan.
8. Rapikan penampilan dan meja kerja Anda.
Berdandan sepantasnya sebelum ke tempat kerja. Saat penampilan Anda terlihat lebih baik, maka perasan Anda pun lebih baik dan Anda akan memberi performa yang lebih baik. Rapikan tempat kerja Anda. Jika memungkinkan, anda bisa memajang foto yang berkesan menurut Anda, agar Anda  merasa seperti rumah.
9. Selesaikan atau akhiri permusuhan di tempat kerja
Jika Anda bermasalah dengan rekan kerja, bicarakan masalah tersebut. Kadang-kadang rekan kerja tidak tahu  bahwa diantara Anda dan rekan kerja ada masalah. Gunakan pendekatan yang baik untuk menyelesaikan kesalahpahaman.
10. Lihatlah situasi di tempat kerja saat ini sebagai kesempatan.
Sekarang adalah waktu bagi Anda untuk bertanya pada diri sendiri apakah pekerjaan ini benar-benar anda senangi. Jika pekerjaan ini sejalan dengan tujuan jangka panjang dan jika mereka selaras dengan tujuan perusahaan mereka, maka teruskanlah
Jika anda menghadapi kegagalan, ingatlah bahwa dengan memiliki pekerjaan, Anda berada dalam posisi yang lebih baik daripada banyak orang.

0 komentar:

Posting Komentar