sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Cara Menghentikan Pikiran Negatif dan Kebiasaan Mengeluh


Cara menghentikan pikiran negatif dan kebiasaan mengeluh. Langkah yang paling penting untuk berhenti dari kebiasaan mengeluh adalah memutuskan perilaku yang tidak kita inginkan dari diri kita. Kesalahan umum dari seorang pengeluh kronis adalah untuk mengidentifikasi diri dengan pikiran negatif.
Orang seperti itu mungkin mengakui, "Saya tahu saya bertanggung jawab atas pikiran saya, tapi saya tidak tahu bagaimana menghentikan diri dari berpikir negatif." Pengakuan ini tampaknya benar namun pada tingkat tertentu pikiran seperti menjadi jebakan. Memang baik untuk mengambil tanggung jawab atas pikiran Anda, tetapi Anda tidak perlu mengidentifikasi diri dengan pikiran-pikiran yang menyalahkan diri sendiri karen hal ini membuat Anda merasa lebih buruk lagi.

Sebuah pernyataan yang lebih baik mungkin, "Saya mengetahui ada pikiran negatif melalui pikiran saya, tetapi pikiran-pikiran itu bukan saya. Saya akan meningkatkan kesadaran saya untuk mengganti pikiran-pikiran negatif tersebut dengan pikiran yang positif". Jadi setiap orang memiliki kekuatan untuk rekondisi pikirannya sendiri.  Trik ini bertujuan untuk menjaga kesadaran tidak semakin jatuh merosot akibat menyalahkan diri sendiri. Sadarilah bahwa sementara pikiran ini mengalir melalui pikiran Anda, mereka bukan Anda. Anda adalah saluran dimana pikiran tersebut mengalir.

Pengkondisian Mental
Meskipun pikiran anda bukanlah Anda, akan  tetapi jika Anda mengulangi pemikiran yang sama, maka pikiran-pikiran tersebut akan mengkondisikan pikiran Anda. Sehingga ada ungkapan yang mengatakan bahwa kita adalah pikiran dominan kita.

Pertimbangkan bagaimana makanan yang kita makan mengkondisikan tubuh kita. Tentu saja kita tidak jadi seperti makanan yang kita makan, tetapi makan tersebut akan mempengaruhi fisiologi kita, dan jika kita terus makan makanan yang sama berulang-ulang, maka makanan akan berpengaruh besar terhadap tubuh dari waktu ke waktu. Tubuh akan mendambakan makanan tersebut dan mengharapkan makanan yang sama. Namun, tubuh tetap terpisah dan berbeda dari makanan yang kita makan, dan kita masih bebas untuk mengubah apa yang kita makan, yang secara bertahap akan merekondisi fisiologi kita sesuai dengan asupan makanan yang baru.

Itulah sebabnya mengapa pikiran negatif begitu adiktif atau seperti candu. Jika Anda terus memegang pikiran negatif, Anda kondisi pikiran Anda untuk mengharapkan dan bahkan mereka mendambakan input lanjutan. Neuron Anda bahkan akan belajar untuk memprediksi terjadinya kembali stimulus negatif. Anda praktis akan menjadi magnet negatif.

Perangkap Pikiran Negatif

Terperangkap dalam pikiran negatif merupakan situasi yang sulit, karena pengalaman negatif mendatangkan ekspektasi negatif, yang kemudian menarik pengalaman negatif baru.

Saat seseorang berada dalam perangkap pikiran negatif, maka ia sulit meloloskan diri. Bahkan secara tidak sadar terus mengidentifikasi diri dengan pikiran tersebut. Jika Anda menyalahkan diri sendiri karena terlalu negatif, maka yang terjadi adalah, perangkap itu akan semakin kuat dan semakin sulit untuk lolos dari itu.  Kebanyakan orang yang terjebak dalam perangkap ini akan tetap terjebak sampai mereka mengalami elevasi dalam kesadaran mereka.

Cara mengatasi pikiran negatif
Biarkan pikiran negatif mengalir, tetapi jangan mengidentifikasi diri dengan pikiran negatif, karena pikiran-pikiran itu bukan Anda. Mulailah berinteraksi dengan pikiran negatif seperti pengamat.

Ada yang mengatakan bahwa pikiran adalah seperti kera hiperaktif. Semakin banyak Anda bertengkar dengan monyet, maka monyetnya semakin hiper. Jadi, santai saja dan amati monyetnya beraksi.

Kita ada di dunia ini punya alasan, yaitu mengembangkan kesadaran. Jika Anda terperosok dalam negativitas, maka tugas Anda adalah untuk mengembangkan kesadaran Anda ke titik di mana Anda dapat belajar untuk tetap fokus pada apa yang Anda inginkan, yakni fokus terhadap hal-hal positif, bukan destruktif.  Jika Anda tidak menyukai apa yang Anda alami, itu karena kemampuan sadar masih terbelakang. Itulah sebabnya pentingnya pengalaman sehingga kita dapat belajar.

Pembentukan kesadaran dan penerimaan tanggungjawab

Orang terjebak dalam pola pikir negatif adalah karena  mereka memilihnya. Negativitas tidak perlu menjadi kondisi yang permanen. Anda masih memiliki kebebasan untuk memilih sebaliknya.

Setiap orang perlu menerima tanggung jawab atas segala sesuatu dalam pengalaman pribadinya."
Berikut adalah beberapa contoh dari apa dimaksud dengan menerima tanggung jawab:
  • Jika saya tidak bahagia, itu karena saya yang membuatnya.
  • Jika ada masalah di dunia yang mengganggu saya, saya bertanggung jawab untuk memperbaikinya.
  • Jika seseorang yang membutuhkan, saya bertanggung jawab untuk membantu mereka.
  • Jika saya menginginkan sesuatu, itu terserah saya untuk mencapainya.
  • Jika saya ingin orang-orang tertentu dalam hidup saya, saya harus menarik dan mengundang mereka untuk bersama saya.
  • Jika saya tidak suka keadaan sekarang, saya harus menghentikannya.
Di sisi lain, hal ini juga dapat membantu untuk bertanggung jawab atas semua yang baik dalam hidup Anda. Hal-hal yang baik tidak hanya terjadi pada Anda. Anda menciptakannya.Mengeluh adalah penolakan tanggung jawab. Dan menyalahkan hanyalah cara lain untuk memaafkan diri dari tanggung jawab. Namun penolakan ini masih memiliki kekuasaan kreatifnya sendiri.

Ketika Anda mendapati diri Anda mengeluh, berhentilah! Tanya pada diri sendiri jika Anda ingin terus menyangkal tanggung jawab atau menerima tanggungjawab atas keadaan anda.Membentuk kesadaran memang tanggung jawab yang besar. Tapi hal ini merupakan bagian terbaik dari menjadi manusia. Ciptakan kehidupan sukacita, dan ambil tanggungjawab atas keadaan anda.

0 komentar:

Posting Komentar