sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Ingin Menurunkan Gula Darah Secara Alami? Begini Caranya


Jika Anda menderita diabetes atau mungkin mengalami hiperglikemia, suatu kondisi yang ditandai oleh kadar gula darah tinggi, maka Anda pasti sudah melakukan berbagai cara  untuk mengatasi gula darah Anda.

Pada orang yang tidak menderita diabetes, pankreas melepaskan zat kimia yang disebut insulin ke dalam aliran darah yang akan mengatur kadar gula darah.

Pada penderita diabetes, tentu saja tubuh telah kehilangan kemampuannya untuk melakukan hal ini, sehingga gula darah bisa naik sangat tinggi. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka dalam waktu yang tidak lama penderita diabetes akan mengalami kemerosotan kesehatan dan juga kerusakan organ. Agar hal ini tidak terjadi, maka satu-satunya cara adalah berusaha mengontrol gula darah ke tingkat normal.

Cara menurunkan gula darah

Kali ini,  Tipsmu-tipsku memaparkan cara menurunkan gula darah  secara alami dan sehat.Beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1) Ubah diet Anda

Diet memainkan peran penting dalam mengatur tingkat gula darah Anda. Caranya dengan mengkonsumsi :
  • Sumber karbohidrat yang lebih kompleks, tapi jangan berlebihan, seperti ubi, oat atau gandum.
  • Makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran menambah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memproses gula lebih efektif. Selain itu juga biji-bijian seperti kacang-kacanganyang membantu menunda penyerapan glukosa (gula sederhana).
Hindari makanan penutup yang manis-manis dan atau  yang mengandung gula halus, seperti yang terdapat pada beragam kue basah, es krim, soda, dan banyak lagi.

Mintalah bantuan dokter untuk meninjau rencana diet yang akan melengkapi kebutuhan spesifik tubuh Anda sendiri.

2) Makan dalam porsi sedikit tetapi lebih sering

Makan lebih sering tetapi dalam porsi sedikit memungkinkan kadar gula darah Anda lebih stabil sepanjang hari. Nutrisi harus memasuki aliran darah pada waktu yang teratur. Sehingga sangat tepat melakukan hal ini untuk menjaga gula darah agar tidak terlalu tinggi dan kemudian terlalu rendah pada waktu-waktu tertentu begitu tubuh melepaskan insulin.

3) Olahraga teratur

Bila Anda mengikuti program olahraga secara teratur, maka pengaruh baiknya pada kesehatan secara keseluruhan sungguh luar biasa.

Olahraga ringan seperti jalan kaki memiliki manfaat tambahan membantu untuk mengatur kadar gula darah sepanjang hari. Selain jalan kaki, dalam seminggu Anda dapat membagi waktu untuk aktivitas berenang atau naik sepeda misalnya.

Mungkin ada orang yang mengalami kesulitan menggabungkan program latihan rutin karena kewajiban kerja atau keluarga. Jika hal ini terjadi, sangat penting untuk mengatur jadwal, agar Anda dapat melakukan olahraga lebih banyak.

Beberapa cara agar Anda tetap dapat melakukannya di sela-sela pekerjaan Anda seperti:
  • Berjalan kaki ke tempat makan siang yang tidak terlalu jauh dari kantor.
  • Parkir kendaraan Anda agak jauh dari tempat yang akan Anda tuju
  • Gunakan tangga ketimbang lift menuju ruangan kantor atau ketika akan keluar dari gedung
  • Joging di tempat sambil menonton TV
  • Bantu istri/suami Anda mengangkat barang-barang
  • Ajak anak-anak atau anjing Anda jalan-jalan di kompleks

4) Batasi Asupan Alkohol

Konsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar gula darah. Bagaimana bisa? Memang, alkohol tidak mengandung karbohidrat yang tinggi, tetapi karena tubuh harus menyibukkan diri menghilangkan racun alkohol dari tubuh, maka kemampuannya berkurang untuk menghasilkan insulin.

Selain itu, mengkonsumsi terlalu banyak alkohol bahkan dapat menyebabkan hipoglikemia, suatu kondisi dimana kadar gula darah terlalu rendah. Hal ini terjadi karena tubuh melepaskan insulin untuk memerangi alkohol. Maka seiring waktu, tubuh mulai kehilangan kemampuannya menggunakan insulin untuk mengurangi jumlah gula dalam darah, yang berarti berisiko terhadap terjadinya hiperglikemia.

5) Tidur cukup

Anda mungkin pernah mendengar bahwa ada orang yang sering tidak cukup istirahat, namun cenderung gemuk. Seringkali, orang yang gemuk namun tidak memiliki waktu tidur yang cukup menghadapi komplikasi: diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan lainnya.

Oleh karena itu, bila Anda mengalami diabetes, atau salah satu diantara masalah di atas,  pastikan agar Anda cukup tidur. Karena tidur membuat tubuh Anda berfungsi lebih baik, yang juga akan membantu menurunkan tingkat gula darah Anda. Tidur 7-8 jam sehari sangat disarankan agar hidup lebih sehat.

Demikian 5 cara alami menurunkan gula darah bagi penderita diabetes. Menerapkan saran di atas secara konsisten akan membantu mengontrol kadar gula darah Anda tetap normal. Dengan mematuhi diet dan saran dari dokter ditambah berolahraga lebih banyak, semoga usaha Anda berhasil dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

1 komentar: