sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Kamis, 27 Maret 2014

Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional


Bagaimana  cara meningkatkan kecerdasan emosional, dan mengapa hal itu penting? 
Anda mungkin menjumpai orang-orang, baik di tempat kerja, maupun dalam pergaulan dan kehidupan pribadi Anda lainnya yang menunjukkan sikap-sikap terpuji misalnya berpikir positif, kalem, pendengar yang baik, dan pembawa harmoni, dsb – yang membuat Anda kagum dan kadang bertanya, mengapa orang ini terasa spesial?

Di tengah zaman yang semakin berkembang ini, meningkatkan beragam macam kecerdasan sangat membantu kita dalam menjalani kehidupan pribadi dan pencapaian yang lebih baik.  Salah satu diantaranya, adalah kecerdasan emosional.

Apa itu kecerdasan emosional?

Kecerdasan emosional (emotional quotient) adalah kemampuan untuk mengenali emosi, memahami pesan-pesan perasaan, dan menyadari bagaimana hal itu mempengaruhi orang-orang di sekitar Anda. Orang-orang yang menggunakan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi memiliki kemampuan untuk menyesuaikan perilaku mereka dan lebih efektif dalam mengenali dan mengelola emosi mereka sendiri dan orang lain.

Mengapa kecerdasan emosional penting?

Kesadaran emosional dan kemampuan seseorang untuk menangani perasaannya dapat menentukan keberhasilan dan kebahagiaan secara keseluruhan dalam semua aspek kehidupan. Itu sebabnya, mengapa kita perlu meningkatkan kecerdasan emosional, karena ini berpengaruh langsung pada level energi dan kesadaran.

Enam dasar pembentuk Kecerdasan Emosional

Jika Anda tertarik untuk meningkatkan kecerdasan emosional Anda, ada enam dasar kecerdasan emosional yang dapat Anda bangun, yakni kesadaran diri, empati, motivasi, keterampilan bersosialisasi, kebahagiaan, dan kemampuan mengatur diri.

1. Kesadaran diri

Kesadaran diri merupakan bagian inti kecerdasan emosional, yang mampu mengidentifikasi bagaimana perasaan Anda sepanjang hari, serta siapa Anda, membantu Anda membuat pilihan hidup yang penting.

Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional Anda adalah dengan fokus pada saat ini, yang berarti hadir di setiap apa yang Anda lakukan.  Dengan demikian Anda dapat menempatkan sesuatu dalam perspektif yang tepat, yang membantu Anda mengekspresikan emosi dan mengelolanya dengan cara yang tepat dan sehat. Anda tidak harus mendapatkan semua jawaban atau mengetahui semua hal pada satu waktu. Beri diri Anda waktu untuk mengamati dan memutuskan hal dengan percaya diri.

2. Empati

Empati merupakan bagian kecerdasan emosional penting. Meningkatkan kemampuan untuk berempati dapat membantu kita mendapatkan lebih dekat dengan orang lain, mendapatkan dukungan mereka ketika kita membutuhkannya, dan berpotensi meredakan konflik dalam kehidupan profesional dan pribadi Anda.

Empati dianggap sebagai emosi kedua yang paling penting untuk ditingkatkan, karena dengan menunjukkan kepada oranglain bahwa Anda memahami mereka, maka Anda dapat mendapatkan respek. Sadarilah dan dengarlah dengan cermat apa yang mereka ucapkan, maka ini akan melatih Anda lebih berempati, yakni mampu menguraikan dan mengenali perasaan orang lain.

3. Motivasi

Orang yang cerdas secara emosional umumnya memiliki motivasi yang kuat dalam dirinya. Mereka sabar melakukan upaya meskipun hasilnya diperoleh dalam jangka panjang. Mereka tidak mudah menyerah dalam mewujudkan sesuatu.

Mereka tidak rentan terhadap kritik. Sebaliknya mereka mempertimbangkan kritik untuk  melakukan pekerjaan yang lebih baik dan menggunakannya untuk meningkatkan kinerja mereka.

Orang yang cerdas emosinya termotivasi untuk melihat masalah dan mencari penyelesaian secara tenang dan rasional. Bila itu terjadi dalam pekerjaan mereka, orang-orang seperti ini mendorong diri mereka dan orang lain menjadi lebih produktif dan bergairah dalam mencapai hasil.

4. Kemampuan mengendalikan diri

Semua orang memiliki keinginan untuk membangun hubungan yang dekat dengan orang-orang besar. Seraya terlibat dalam proses  tersebut, kita memperoleh keterampilan dan pengalaman baru dengan orang lain. Oleh karena itu kita perlu belajar mengendalikan diri dan mengelola emosi dengan baik.

Orang yang dapat mengendalikan diri  biasanya berpikir sebelum bertindak, memiliki kemampuan untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai mereka, dan tahu bagaimana menyampaikan ketidaksetujuan mereka dengan cara yang elegan.

Mereka juga mau mengubah sikap mereka jika ternyata mereka keliru, dan menghargai nilai-nilai orang lain. Orang yang dapat mengendalikan diri mengetahui kekuatan maupun kelemahan mereka, dan bersedia menilai diri mereka sendiri dengan jujur.

5. Kemampuan bersosialisasi

Cara lain untuk meningkatkan kecerdasan emosional Anda adalah mampu dengan mudah berbicara dan terhubung dengan orang lain dan memiliki tanggungjawab sosial. Anda benar-benar peduli tentang orang lain dan tidak hanya keuntungan pribadi Anda sendiri merupakan ciri dari tanggungjawab sosial.  Selain itu, ini merupakan karakteristik dari kerendahan hati.

6. Kebahagiaan

Akhirnya, seluruh kecerdasan emosional dapat bekontribusi pada kebahagiaan. Umumnya, orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi adalah orang-orang bahagia. Kita bahagia karena kita berempati dan mampu bersosialisasi misalnya. Kebahagiaan ini lahir dari hubungan yang harmonis dan kemampuan berbagi dengan orang lain. Selain itu, kebahagiaan juga lahir dari kemampuan kita tetap berjalan dalam prinsip-prinsip dan norma-norma sosial.

Kebahagiaan dapat menular dan memiliki efek domino. Bila Anda dapat bahagia melakukan suatu hal, maka anda akan memiliki energi yang cukup untuk menyelesaikan hal lain.  Karena orang-orang bahagia menyelesaikan tugas-tugas lebih baik dari mereka yang sedih atau tertekan.

Demikian pentingnya meningkatkan kecerdasan emosional  untuk membantu kita menjalani kehidupan dengan lebih baik, bukankah Anda tertarik juga untuk mengembangkannya?

0 komentar:

Posting Komentar