sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Kamis, 27 Maret 2014

Teknik Sederhana Agar Belajar Anda Efektif

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina, merupakan pepatah lama yang menganjurkan betapa penting mencari ilmu dan mengapa kita belajar sepanjang waktu.

Tanpa diragukan lagi bahwa kita semua pernah belajar, dan banyak dari kita terus melakukannya. Ada yang belajar hal-hal baru di luar bidang keilmuan atau pekerjaan mereka, ada orang yang memperdalam bidang ilmu atau pekerjaan mereka, bahkan ada orang yang mempelajari berbagai hal untuk melakukan penemuan.

Apa pun yang kita pelajari, ternyata kita perlu mengetahui teknik agar kita dapat belajar secara efektif dan mencapai tujuan belajar kita.  Bagi mereka yang mengejar pendidikan akademik atau sekolah,  teknik sederhana ini bisa  membantu anda belajar secara efektif dan memperoleh kelulusan.

1) Buat catatan dan ringkasan

Bila Anda belajar dari buku atau media lainnya, seperti tutorial, CD, dan media interaktif lainnya, pastikan untuk mencatat poin-poin penting sebagai pengingat bagi Anda.

Catatan dapat membantu Anda menghubungkan bagian-bagian yang telah Anda pelajari dan memberi Anda pandangan menyeluruh dari topik yang telah Anda pelajari.  Isi catatan ini bisa berupa deskripsi, istilah, diagram, tabel, gambar, angka dan sebagainya.

Disamping membuat catatan pada saat belajar, membuat ringkasan setelah sesi belajar juga membantu Anda mengingat pelajaran hingga jangka panjang. Pada saat menulis ringkasan, otak Anda bekerja secara intens dan menyimpan bagian tersebut dalam memori jangka panjang.

Teknik ini sangat bermanfaat apabila di waktu mendatang Anda akan menghadapi ujian.

2) Praktek atau latihan

Sebagian dari apa yang kita pelajari dimaksudkan untuk memampukan kita  menerapkan pengetahuan tersebut dalam situasi kehidupan nyata. Jika Anda mempelajari atau mengambil jurusan Akuntansi misalnya, maka cara terbaik untuk belajar adalah dengan berlatih menyelesaikan contoh kasus dan pertanyaan.
Bahkan hal yang tampaknya agak sepele seperti penerjemah. Mereka menggunakan banyak waktu untuk berlatih, berlatih, belajar, dan bekerja sambil belajar. Tidak ada penerjemah yang merasa dirinya mahir. Mereka tidak pernah puas dan terus berlatih dan bekerja.

3) Pastikan lingkungan belajar anda nyaman

Seringkali kita tidak dapat belajar maksimal akibat lingkungan. Pilihlah tempat yang nyaman untuk sesi belajar Anda. Perhatikan temperaturnya. Pastikan bahwa ruang belajar Anda tidak terlalu dingin atau terlalu hangat. Ruangan yang dingin dapat mengundang Anda tidur, sedangkan ruangan yang hangat membuat Anda lesu atau malas.  Selain itu, pastikan sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan yang cukup.
Hindari pengalih perhatian dan gangguan

Apabila Anda telah menetapkan waktu untuk belajar, Anda perlu menjauhkan berbagai hal yang dapat mengalihkan perhatian maupun mengganggu Anda. Hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian itu bisa berupa panggilan telepon dan notifikasi sosial media. Sedangkan gangguan bisa berupa suara berisik, atau hal-hal lain yang membuat Anda harus menghentikan aktifitas belajar seketika.

Pastikan agar notifikasi maupun suara handphone Anda tidak mengganggu saat Anda belajar. Karena, dibutuhkan banyak konsentrasi untuk belajar dengan baik, dan seringkali kita sulit fokus kembali setelah mengalami gangguan.

4) Tentukan target belajar

Untuk mencapai kemajuan dalam belajar, kita perlu menetapkan tujuan dan target diri sendiri. Dengan menetapkan tujuan dan target belajar, maka Anda akan termotivasi untuk mencapainya. Disamping itu, Anda akan mengalokasikan waktu dengan baik dan berupaya melakukan setiap aktivitas Anda secara displin.

5) Perhatikan keseimbangan hidup

Kita tahu bahwa konsistensi dan kedisplinan belajar merupakan cara untuk meraih keberhasilan dalam belajar. Hal penting lainnya yang sejalan dengan itu adalah menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap sehat.
Ingatlah bahwa hal berharga tidak diperoleh dalam semalam. Kita perlu melewati sejumlah proses untuk meraih suatu pencapaian.

Beri diri Anda istirahat dan tidur yang cukup, konsumsi makanan dan minuman sehat dalam jumlah cukup. Ketika tubuh dan pikiran kita sehat, maka segala aktivitas kita akan lebih mudah kita tangani.

0 komentar:

Posting Komentar