sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Enam Cara Menjaga Kesehatan Mata


Enam cara menjaga kesehatan mata. Mata adalah salah satu indera terpenting yang menopang kinerja tubuh. Lewat mata kita membuka jendela dunia, menangkap warna dan makna. Begitu berharganya bagi kehidupan, sehingga kita ingin daya penglihatan kita tetap maksimal sepanjang usia.

Mengingat dewasa ini begitu banyak hal yang dapat memperburuk kesehatan mata, dalam artikel ini disajikan 6 tips menjaga kesehatan mata dan mempertahankan penglihatan tetap baik.

1. Gizi yang baik mempertahankan penglihatan yang baik

Kesehatan mata dipengaruhi oleh apa yang kita makan. Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi seperti omega-3 asam lemak, lutein, seng, dan vitamin C dan E dapat membantu mencegah masalah penglihatan karena faktor usia, seperti degenerasi makula dan katarak. 
Kebiasaan mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi dapat mempertahankan penglihatan mata tetap sehat. Disamping itu mengkonsumsi daging ikan, telur, kacang-kacangan, serta buah-buahan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
Makan makanan yang seimbang juga membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, yang menurunkan risiko diabetes tipe 2. Anda mungkin berpikir, apa hubungan masalah berat badan dengan kesehatan mata?  Menurut WebMD, diabetes adalah penyebab utama kebutaan pada orang dewasa. Sebanyak 45% penderita diabetes mengalami retinopathy diabetes yang merusak penglihatan. Diabetes juga meningkatkan resiko glaukoma dan katarak.

2. Tinggalkan kebiasaan buruk yang berpotensi merusak penglihatan

Jika Anda perokok, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk berhenti merokok. Merokok dapat mengakibatkan peningkatan risiko katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Jika selama ini anda sudah pernah mencoba berhenti merokok, cobalah lagi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berkali-kali mencoba untuk berhenti merokok, sebagian besar akhirnya berhasil meninggalkan kebiasaan merokok.

3. Memakai kacamata hitam

Ada dua alasan yang baik untuk memakai kacamata hitam setiap kali Anda menghabiskan waktu di luar di bawah sinar matahari. Yang pertama Anda bisa terlihat keren. Dan yang kedua, kacamata hitam akan membantu melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV). Paparan sinar UV yang terlalu banyak dapat meningkatkan resiko katarak dan degenerasi makula.

4. Gunakan pelindung mata

Jika Anda bekerja atau menangani bahan berbahaya atau udara terbuka yang berpotensi merusak kesehatan mata, baik di tempat kerja atau rumah, pakailah kacamata pelindunguntuk melindungi mata dari cedera, kehilangan penglihatan, dan kebutaan. Olahraga tertentu seperti hoki es, tenis, arung jeram juga dapat berisiko cedera mata. Jangan lupa mememakai pelindung mata seperti helm dengan masker pelindung atau kacamata.

5. Sesekali alihkan pandangan dari layar komputer

Dewasa ini, mereka yang banyak melakukan aktivitas di depan komputer rata-rata mengalami masalah penglihatan mata atau disebut juga Computer vision syndrome (CVS). Computer vision syndrome ini ditandai dengan kelelahan mata, pandangan kabur, kesulitan berfokus pada jarak tertentu, mata kering, sakit kepala, sakit pada bagian leher, punggung, dan bahu. Untuk mengurangi hal ini, alihkan pandangan dari layar komputer sekali dalam sepuluh menit.
Setiap orang - bahkan anak-anak – sebaiknya memeriksakan mata secara teratur. Hal ini terutama penting jika Anda memiliki faktor risiko atau riwayat keluarga yang bermasalah dengan mata. Anak-anak perlu memeriksakan mata pada usia 6 bulan, 3 tahun, dan sebelum masuk sekolah dasar. Orang dewasa harus memeriksakan  mata setiap dua tahun dan setiap tahun setelah usia 60-an.
Seiring pertambahan usia, risiko penyakit mata semakin meningkat, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Kemajuan medis dapat membantu mempertahankan kesehatan mata yang berkaitan dengan usia degenerasi makula, glaukoma, dan katarak. Tergantung pada kebutuhan kesehatan mata, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mata atau spesialis  mata untuk pemeriksaan mata yang komprehensif. Dengan melakukan check-up mata secara teratur, Anda dapat mengetahui masalah yang berhubungan dengan mata sejak dini sehingga kesehatan mata tetap terpelihara dan kerusakan penglihatan mudah dicegah.

0 komentar:

Posting Komentar