sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Konsumsi Vitamin C Dapat Mencegah Flu dan Pilek?


Flu merupakan gangguan saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza. Semua orang hampir dipastikan pernah mengalami flu, tidak kenal usia.

Saat kita terkena flu atau pilek, kita sering ingat vitamin C. Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa vitamin C dapat mengobati flu dan pilek. Bila Anda ingat kembali, apakah flu Anda hilang setelah mengkonsumsi  vitamin C? Mungkin ya, mungkin tidak. Berikut ini pendapat lain tentang vitamin C dan flu.

Vitamin C dapat menghilangkan flu?

Tidak ada hasil penelitian yang memperlihatkan bahwa Vitamin C dapat mencegah flu, demikian kata Dr. Hasmukh Joshi dari Royal College.

Pada tahun 2007, dilakukan 30 percobaan yang melibatkan 11.000 orang untuk mengetahui apakah konsumsi vitamin C memiliki efek terhadap terjadinya influenza.  Ditemukan bahwa vitamin C hanya dapat mengurangi masa flu, dan mengurangi sedikit tingkat keparahannya. Tetapi tidak mengobati.

Selanjutnya Dr. Joshi menyebutkan bahwa vitamin C hanya berpengaruh sedikit sekali terhadap flu, sehingga ia sendiri tidak pernah merekomendasikan vitamin C untuk mengobati flu.

Apa penyebab flu?

Kita umumnya percaya bahwa flu sering terjadi pada musim hujan, atau pada saat perubahan cuaca ekstrim. Padahal, ilmuwan berpendapat bahwa satu-satunya penyebab flu adalah virus influenza. Berada dalam cuaca dingin atau terkena hujan sebenarnya tidak membuat seseorang terserang influenza. Akan tetapi, jika seseorang telah terkena virus influenza, maka lebih besar kemungkinan ia mengalami flu.

Bukankah Anda ingat bahwa, sebagian orang jarang terkena flu, meski ia mengalami cuaca dingin atau hujan?

Bagaimana cara mencegah flu dan pilek?

Vaksin flu dapat mengobati flu, mungkin ini dalam berbagai bentuk obat yang Anda dapat berdasarkan resep dokter. Akan tetapi  seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Makan makanan sehat

Makan makanan sehat merupakan salah satu hal penting dalam mempertahankan kesehatan tubuh. Makanan sehat memampukan tubuh Anda untuk tetap dapat melakukan metabolisme dengan baik , agar kondisinya tetap fit dalam beraktivitas dan menangkal berbagai serangan dari luar.

Lebih lanjut, Dr. Joshi mengatakan bahwa makan makanan sehat setiap hari merupakan cara terbaik, apalagi pada saat-saat musim dingin atau hujan, karena tidak ada cara yang efektif mengobati virus influenza.

Sering Cuci tangan

Kebiasaan mencuci tangan sangat penting untuk menghindari penyebaran virus influenza.  Virus ini dapat menyebar di udara melalui cairan lendir dari orang yang bersin atau batuk.

Selain itu, jika orang yang terkena influenza bersin dan terkena tangan mereka, lalu  mereka menyentuh benda-benda sekitar, maka bisa saja virus tersebut menjangkiti orang lain yang menyentuh benda-benda tersebut atau bersentuhan dengan orang yang mengalami influenza. Oleh karena itu dengan mencuci tangan lebih sering, kita dapat meminimalkan terjadinya serangan flu.

Hindari menyentuh hidung dan mata

Sebenarnya kita tidak dapat memastikan apakah tangan kita terkena virus flu. Oleh sebab itu hindari menyentuh hidung dan mata, terutama bila ada orang yang mengalami influenza di sekitar kita.

Demikian cara mencegah flu dan pilek yang didasarkan pada pendapat Dr. Hasmukh Joshi dari Royal College. Ingatlah bahwa mempertahankan kesehatan yang baik tergantung pada kebiasaan hidup kita sehari-hari.

Bagaimana dengan Anda?

Terlepas dari pendapat di atas, bahwa vitamin C hanya berpengaruh sedikit terhadap pengobatan flu, penulis sendiri tetap mengkonsumsi sumber vitamin C ditambah menjaga makanan sehat dan istirahat yang cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan baik. Bagaimana dengan Anda?

0 komentar:

Posting Komentar