sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Sabtu, 08 Maret 2014

Tips Cara Menghemat Minyak Goreng

Tips Cara Menghemat Minyak GorengBerhemat adalah kiat yang sangat efektif saat menghadapi kenaikan harga. Menghemat pengelaran bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan mubazir. Berhemat bukan berarti pelit. Langkah-langkah sederhana berhemat di dapur, untuk menghadapi masalah kenaikan harga dan menanggapi pengeluaran dapur anda. Berikut infonya:
1. Daftar belanja.
Membuat daftar belanja adalah solusi yang tepat, Anda akan punya panduan saat berbelanja. Ingatlah bahwa ada perbedaan besar antara yang diinginkan dan dibutuhkan. Fokus pada apa yang dibutuhkan keluarga. Di pasar tradisional, Anda bisa melakukan tawar-menawar harga, sehingga Anda pun akan lebih hemat. Catat semua pengeluaran dan gunakan sebagai rujukan ketika hendak berbelanja di lain waktu. Bawa uang secukupnya saja. Uang lebih bisa jadi godaan untuk membeli yang tidak terlalu penting.
2. Lemari es.
Kulkas merupakan salah satu perabot elektronik di rumah yang paling banyak menghabiskan energi. Semakin rendah temperatur (semakin dingin), semakin banyak energi yang diperlukan kulkas untuk proses pendinginan. Aturlah tombol temperatur satu level di atas garis tengah. Mendinginkan air minum dalam lemari es juga bisa menjadi kiat berhemat listrik karena Anda tidak perlu lagi menggunakan dispenser. Terlalu sering membuka dan menutup lemari es juga mengakibatkan pemborosan listrik.
3. Minyak goreng.
Mulailah membuat rencana dalam membuat menu dalam keluarga. Misalnya menu hari Minggu ayam goreng, Senin ikan mas, Selasa pecel lele. Semua bahan utama itu bisa digoreng dulu di hari Minggu, setelah itu disimpan di lemari es. Jika ingin menghidangkannya, tinggal beri bumbu tambahan dan goreng dengan sisa minyak tersebut. Hal ini akan membantu mengirit penggunaan minyak goreng hingga 30 persen karena Anda bisa memilah minyak yang masih bersih, agak bersih, dan sudah kotor. Namun ingatlah, jangan menggoreng dengan minyak yang sama lebih dari 2 kali. Pemanasan berlebihan akan menimbulkan asam lemak pencetus kanker dalam kandungan minyak.
4. Memasak dengan cara lain.
MEngukus atau memrebus adalah rekomendasi yang tepat ,karena anda dapat mengurangi biaya untuk pembelian minyak.
5. Gas dengan panci tekan (presto).
Memasak dengan cara ini dapat mengurangi pemakaian gas karena proses pemasakannya yang cepat. Dengan adanya yang tekanan tinggi, bahan masakan tidak membutuhkan waktu lama di atas api. Faktor penahan uapnya pun membantu mempertahankan kandungan gizi makanan.
6. Bumbu dapur.
Manfaatkan perkebunan anda atau lahan kosong untuk menanam bumbu masakan, buah atau sayuran ,sehingga dapat menghemat pengeluaran dalam membeli bumbu masak. Sehingga ketika anda butuh ,anda bisa langsung ambil.

0 komentar:

Posting Komentar