sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Cara Alami Mencegah dan Menghilangkan Jerawat


Jerawat merupakan hal yang menjengkelkan dan mengganggu penampilan. Semua orang hampir pernah berjerawat, yang dimulai pada masa remaja dan seiring pertambahan usia, jerawat biasa jarang muncul kembali. Namun, ada orang yang sering dirundung jerawat, meskipun usianya sudah melewati remaja.

Beragam jenis obat jerawat yang tersedia di apotik atau toko obat kecantikan. Akan tetapi bila dapat menghilangkan jerawat secara alami pasti lebih disukai, karena hal-hal yang alami kemungkinan minim efek samping.

Cara mengatasi jerawat secara alami

Berikut ini beberapa cara menghindari dan menghilangkan jerawat secara alami, yang mungkin dapat anda praktekkan sendiri.

1. Perbanyak minum air putih.
Kebanyakan profesional medis setuju bahwa sekitar delapan gelas air sehari sudah cukup bagi kesehatan. Namun, jika Anda sedang berjerawat atau bekas jerawat di wajah,  maka cara terbaik untuk menguranginya adalah memperbanyak konsumsi air  putih setiap hari. Hal ini akan membantu menghilangkan kotoran dari tubuh. Kotoran akan hilang sebelum sempat menumpuk di pori-pori kulit.

2. Kurangi makan makanan berminyak
Hal berikutnya yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat secara alami adalah untuk memastikan bahwa Anda mengurangi makan makanan berminyak. Termasuk makanan yang mengandung banyak rempah-rempah, penyedap rasa, makanan cepat saji dan gorengan.  Dengan menghindari makanan berminyak, berarti Anda akan mengurangi jumlah minyak yang dihasilkan di kulit Anda. Akibatnya, akan kecil kemungkinan tumbuhnya jerawat.

3. Kompres dingin dan hangat
Salah satu solusi yang paling populer untuk mengobati jerawat secara alami adalah menggunakan kompres dingin maupun hangat. Jika Anda berjerawat, terutama jika mengalami peradangan, maka atasi dengan menggunakan kompres dingin dan letakkan pada daerah yang terkena selama kurang lebih lima belas menit. Setelah itu gunakan kompres hangat sampai Anda merasa cukup. Cara ini akan membantu mempercepat penyembuhan peradangan serta rasa sakit yang Anda alami.

4. Masker pisang
Cara alami untuk mengatasi jerawat berikutnya adalah untuk membuat masker pisang. Pisang merupakan buah kaya manfaat. Banyak orang akan mengambil menggunakan pisang sebagai masker. Gunakan masker pisang selama pada area tubuh dan wajah yang berjerawat selama kurang lebih setengah jam. Cara ini bagi sebagian orang cukup ampuh untuk mengurangi jerawat.

5. Hndari stress
Jika Anda mengalami jerawat  akibat stres dalam hidup Anda, maka cara terbaik untuk  menghilangkan jerawat yakni dengan mengatasi hal-hal yang menyebabkan Anda stres.  Hal ini logis karena pada stress keseimbangan tubuh kita terganggu, sehingga memicu timbulnya jerawat.

6. Lakukan olahraga ringan
Anda harus memastikan bahwa Anda berolahraga secara teratur jika Anda sedang berusaha untuk mengurangi jerawat secara alami. Dengan berolahraga, sel diperbarui secara teratur. Pada saat berolah raga, kita mengeluarkan lebih banyak keringat yang membawa serta racun dari pori-pori kulit. Dengan demikian, selain tubuh lebih bugar, kulit juga lebih segar.

7. Pastikan cukup istirahat
Yang terakhir, dan hal yang juga penting dilakukan adalah memastikan bahwa Anda cukup istirahat dan tidur. Ketika Anda tidur, tubuh bekerja untuk memperbaiki dan meremajakan sel-sel tubuh. Hal ini dapat membantu menenangkan gejala yang berhubungan dengan jerawat.

Kemungkinan masih terdapat berbagai pilihan cara untuk mengurangi dan mengobati jerawat secara alami, namun semua itu tak dapat dimuat disini. Demikian beberapa tips untuk menghilangkan dan mengurangi jerawat, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar