sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

4 Alasan Pentingnya Memeriksakan Mata


Mungkin banyak orang (termasuk saya sebelumnya) tidak menyadari pentingnya melakukan pemeriksaan mata, sampai kita merasa penglihatan kita benar-benar bermasalah. Mata merupakan jendela tubuh kita melihat dunia.

Sama halnya seperti kemampuan anggota tubuh lainnya, seiring usia, kemampuan penglihatan pastilah berkurang, akan tetapi gangguan penglihatan tidak hanya terjadi akibat faktor usia. Anak-anak pun bisa mengalami gangguan penglihatan.

Alasan pentingnya pemeriksaan mata

Sedemikian pentingnya peran mata  untuk menopang aktivitas kita, maka setiap orang perlu menjaga kesehatan mata atau kemampuan penglihatannya agar tetap optimal. Salah satu caranya adalah dengan tindakan preventif, termasuk melakukan pemeriksaan mata.

Berikut ini beberapa alasan pentingnya melakukan pemeriksaan mata secara berkala untuk mengetahui:

1. Ketajaman Penglihatan mata

Pemeriksaan mata secara teratur perlu untuk memastikan ketajaman penglihatan. Sakit kepala atau kelelahan umum bisa saja disebabkan oleh gangguan penglihatan. Ada beberapa gangguan yang umum ditemui sehubungan dengan ketajaman penglihatan mata:

Rabun Jauh  (Miopia)
Miopia merupakan masalah mata yang menyebabkan benda-benda pada jarak  jauh terlihat kabur. Orang rabun jauh dapat dengan jelas melihat benda-benda yang dekat dengan mereka, tetapi sulit fokus pada benda yang jauh.

Rabun Dekat (hiperopia)
Hiperopia adalah kebalikan dari miopia. Orang yang mengalami hiperopia mengalami kesulitan melihat benda yang berada di dekatnya. Dalam kasus hiperopia yang parah, objek jarak jauh pun terlihat kabur juga.

Astigmatisma
Astigmatisma adalah masalah penglihatan yang menyebabkan benda-benda tampak terdistorsi dan kabur. Hal ini terjadi pada masalah penglihatan jarak jauh maupun dekat.

Presbiopia
Presbiopia didefinisikan sebagai hilangnya kemampuan mata untuk mengubah fokus saat melihat benda yang berada pada jarak dekat. Presbiopia mengurangi kemampuan seseorang untuk fokus pada objek dekat. Gangguan penglihatan  ini muncul seiring dengan bertambahnya usia. Kondisi ini terjadi pada usia sekitar 40 tahun. Jadi sebenarnya, semua orang akhirnya mengalami presbiopia bila melewati usia tersebut.

Computer Vision Syndrome (CVS)
Jika Anda menghabiskan banyak waktu setiap hari di depan komputer, Anda mungkin mengalami gejala sindrom penglihatan akibat penggunaan komputer. CVS merupakan salah satu masalah kesehatan zaman modern, dan istilah yang digunakan untuk  sejumlah gejala gangguan penglihatan akibat penggunaan komputer dalam waktu yang lama atau terus-menerus.

Boomingnya pengguna internet baik orang dewasa maupun anak-anak, mengakibatkan kasus CVS semakin  umum ditemui. Gejala CVS ini muncul karena mata dan otak bereaksi secara berbeda terhadap teks atau grafis di layar komputer, daripada yang kita lihat pada teks tercetak.

Gejala CVS termasuk sakit kepala, kesulitan fokus, mata pedih, mata lelah, mata kering, penglihatan ganda, penglihatan kabur, sensitivitas cahaya, dan nyeri leher dan bahu. Sindrom CVS ini dapat diminimalkan dengan menggunakan kacamata yang dibuat khusus untuk pengguna komputer.

2.  Penyakit Mata

Alasan kedua perlu memeriksakan mata secara teratur adalah untuk menghindari agar anda tidak mengalami penyakit mata. Menurut referensi, banyak penyakit mata yang tergolong berat seringkali tidak menunjukkan gejala, misalnya glaukoma, katarak, makula, dsb.

Glaukoma
Glaukoma adalah penyakit mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan dan umumnya dikenal sebagai "maling penglihatan."  Hilangnya penglihatan ini masalah yang terjadi pada saraf optik karena peningkatan tekanan di dalam mata.

Degenerasi makula
Degenerasi makula sering disebut sebagai masalah kesehatan mata yang terkait dengan usia. Penyakit mata ini terutama mempengaruhi orang berusia 65 atau lebih. 
Selain usia, ada beberapa faktor risiko yang menimbulkan degenerasi makula, yakni: merokok, obesitas, cahaya, hipertensi, penyakit kardiovaskular, riwayat keluarga, rabun jauh dan terpapar matahari.

Katarak
Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata. Katarak merupakan penyebab utama kebutaan di kalangan orang tua pada usia 55 tahun atau lebih. Katarak menyebabkan bidang penglihatan tampak kabur atau buram, seperti memandang lewat kaca yang kabur atau buram.Kebanyakan orang tua mengalami kekeruhan lensa mata yang merupakan bagian normal dari proses penuaan.

Retinopati Diabetik
Retinopati diabetik adalah penyakit mata yang terkait dengan diabetes. Diabetes dapat menyebabkan komplikasi mata jika tidak ditangani dengan baik dan terkontrol. Penyakit ini paling umum dan penyebab utama kebutaan pada orang diabetes.

3. Masalah Pertumbuhan

Masalah penglihatan pada anak sering menimbulkan kesulitan membaca dan belajar yang juga berakibat terhadap masalah medis lain seperti disleksia. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memeriksakan mata anak, bila menghadapi masalah seperti di atas agar dapat segera mengambil tindakan pencegahan sebelum menjadi parah.

4. Mengetahui trend fashion

Alasan terakhir dari perlunya memeriksakan mata dan  mengunjungi toko optik adalah untuk mengetahui trend fashion yang berhubungan dengan kaca mata. Alasan utama Anda memang memeriksakan mata, namun tidak ada salahnya bersenang-senang. Barangkali Anda perlu mengganti kacamata lama dengan mode kaca mata terbaru yang dapat meningkatkan kenyamanan dan penampilan Anda.

Demikian beberapa alasan mengapa kita perlu memeriksakan mata untuk mengambil tindakan yang tepat sebelum terlambat.

0 komentar:

Posting Komentar