sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Cara Sederhana Mengatasi Sakit Tenggorokan


Cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini menjadi pusat perhatian dunia. Mulai dari kejadian-kejadian berskala besar seperti banjir dan tornado yang mengakibatkan kerugian materil bahkan korban, hingga dampak yang lebih kecil seperti gangguan kesehatan ringan seperti flu, demam, batuk, dan sebagainya. Artikel berikut akan membahas cara sederhana dan alami untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Apa itu sakit tenggorokan?

Sakit tenggorokan merupakan salah gangguan kesehatan yang cukup menyiksa. Ini salah satu gangguan kesehatan yang sangat menyebalkan karena Anda bisa sulit berkomunikasi dengan orang lain dan susah menelan. Sakit tenggorokan umumnya ditimbulkan oleh bakteri, virus, dan kebiasaan buruk lainnya, misalnya merokok, makan makanan gorengan yang berlebihan.

Cara mengatasi sakit tenggorokan

Bila Anda mengalami sakit tenggorokan biasa, berikut ini ada beberapa cara untuk meredakan sakit tenggorokan, yakni dengan menggunakan bahan-bahan atau pengobatan alami.

1. Gunakan madu 
Untuk mengatasi sakit tenggorakan, gunakan madu karena madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, dan dapat mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan tenggorokan. Caranya, minum ambil 1 sendok teh madu, seperti minum obat batuk sirup. Agar lebih lega, campur madu dengan air hangat, teh herbal atau limun panas.

2. Berkumur air garam 
Selain cara di atas, berkumur dengan garam juga merupakan  cara untuk mengatasi sakit tenggorokan. Tambahkan ½ sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, lalu berkumur tiga sampai empat kali sehari, atau sesuai kebutuhan, tergantung pada tingkat keparahan sakit tenggorokan. Cara ini dapat mengurangi peradangan dan membersihkan dahak. Akan tetapi jika saki tenggorokan anda sudah terasa parah bahkan meradang, jangan berkumur dengan air garam karena mungkin dapat menambah iritasi.

3. Makan Soup hangat: 
Cara lainnya untuk melegakan sakit tenggorokan adalah dengan makan soup hangat. Ini mungkin pilihan yang paling disukai orang, dimana pada saat tenggorokan sakit, menelan juga sulit. Sup ayam cukup baik dikonsumsi pada saat sakit tenggorokan. Disamping menggugah selera, juga melegakan sakit tenggorokan Anda.

4. Teh atau lemon hangat: 
Ada beberapa pilihan rasa teh yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan, seperti teh raspberry atau teh jahe. Lemon atau jeruk nipis juga baik untuk melegakan sakit tenggorokan. Agar lebih powerfull, tambahkan madu sebagai pengganti gula atau pemanis.

5. Bawang putih 
Bawang putih memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya dapat membantu melegakan sakit tenggorokan Anda. Caranya, ambil sesiung bawang putih, hisap seperti permen. Bawang putih mengandung kimia yang dikenal sebagai allicin, yang efektif dalam memerangi bakteri strep penyebab sakit tenggorokan.

6. Uap panas
Cara lain untuk meredakan sakit tenggorokan adalah menggunakan uap air panas. Ambil sebaskom air panas, posisikan wajah Anda di atasnya seperti bercermin, tutup kepala Anda dan baskom dengan handuk agar uap air panas tetap berada di dalam. Lakukan sampai anda merasa cukup. Cara ini cukup baik untuk melegakan tenggorokan, membersihkan hidung, dan mempercepat penyembuhan infeksi tenggorokan, apalagi bila sakit tenggorokan Anda disertai flu dan batuk.

Cara-cara di atas dapat Anda pilih, namun harus dikombinasikan dengan istirahat dan makan yang cukup dan kebiasaan hidup sehat. Bila kita terus mempertahankan hal ini, niscaya ketahanan tubuh kita tetap terjaga dan tidak mudah diserang penyakit.

Demikian cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami yang dapat kami sampaikan. Bila sakit tenggorokan Anda masih tetap berlanjut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

0 komentar:

Posting Komentar