sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Jumat, 28 Maret 2014

Cara Mengenali Situs Online Fashion Terpercaya

Bagi sebagian pria, berbelanja produk fashion secara konvensional sepertinya satu hal yang perlu diagendakan. Anda mungkin tidak melakukannya bila tidak benar-benar terpaksa, atau jika seseorang bersedia menemani. Secara pribadi, bagi saya itu pekerjaan yang membosankan.

Untungnya, perkembangan teknologi internet memudahkan banyak hal bagi kita. Diantaranya, dapat belanja beragam produk secara online. Anda tidak perlu keluar rumah, tidak perlu mengalami macet, mengeluarkan sejumlah biaya lain untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan. Hanya perlu belanja beberapa menit di depan monitor atau lewat gadget, barang akan tiba di tempat beberapa hari kemudian. 

Akan tetapi, apakah belanja online sesederhana itu? Ya, harusnya sesederhana itu, bila kita mengenali situs online terpercaya, semisal Zalora Indonesia – pusat fashion online.

Pengalaman kita dan orang lain, serta apa yang kita tahu sehubungan dengan penggunaan internet tentu saja mempengaruhi kepercayaan kita dalam berbelanja secara online. Tidak dapat disangkal, beberapa tahun lalu sangat banyak kasus fraud di bidang e-commerce di Indonesia. Dan itu menjadi pengalaman buruk yang menjatuhkan kepercayaan terhadap jual-beli online di tanah air.

Namun, seiring dengan peningkatan kesadaran kita akan penggunaan internet secara sehat, dibarengi dengan semakin banyaknya perusahaan terpercaya yang menggunakan situs online sebagai saluran pemasaran maka tingkat kepercayaan masyarakat untuk berbelanja online pun semakin meningkat. Sebagaimana hasil survei Kemkominfo, bahwa jumlah transaksi e-commerce di Indonesia pada tahun 2012 meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun 2011.

Lalu, diantara banyaknya situs e-commerce yang kita jumpai, bagaimana mengidentifikasi situs terpercaya? Beberapa poin berikut ini dapat menjadi pertimbangan Anda:
   

1. Perhatikan Pengelolaan dan Tampilan Web

Kesan pada pandangan pertama merupakan perhatian penting bagi bisnis. Bisnis yang serius tentu saja memerhatikan setiap aspek fungsi dan kualitas layanan mereka. Tampilan website yang memerhatikan estetika – pemilihan warna, kualitas gambar, mudah diakses dan dimengerti, dinavigasi dengan baik tentu saja menjadi hal pertama yang meningkatkan pengalaman pengunjung.

Kita tahu bahwa dewasa ini, memiliki sebuah website mudah saja dilakukan oleh siapapun, baik itu website gratis maupun berbayar. Akan tetapi, menjadi bisnis online terpercaya tidak hanya sekedar memiliki website. Mereka memiliki konsistensi layanan dan mengeluarkan sejumlah biaya dan upaya membangun identitas dan brand perusahaan yang tidak diperoleh secara instant.

2  Perhatikan informasi perusahaan

Saat kita tiba di laman sebuah situs e-commerce, dan menemukan produk yang menarik, maka  hal kedua yang terpikir oleh kita adalah siapa yang menjalankan bisnis ini? Apakah aman bertransaksi disini? Apakah produknya asli atau memenuhi spesifikasi? Bagaimana cara pengirimannya? Apakah ada garansi? Apakah kerahasiaan data saya terjamin? Singkatnya, kita ingin tahu: apakah bisnis oline tersebut terpercaya atau tidak.

Informasi semacam itu dapat kita lihat dari laman-laman khusus di suatu situs. Dalam hal ini, Tipsmu-tipsku merujuk beberapa laman yang tercantum di situs fashion online Zalora Indonesia, yaitu:
  • Tentang kami (About Us). Informasi ini memuat profil pelaku bisnis atau perusahaan, siapa saja tim dan jaringannya, apa filosofinya, dsb. 
  • Kemanan dan Kebijakan Privasi (Security & Privacy Policy). Disini dijelaskan bagaimana mereka menangani data pelanggan/pengguna, apakah ada jaminan keamanan terhadap data-data tersebut? Juga menginformasikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku mengenai semua produk dan layanan mereka.
  • Ketentuan Pembayaran dan Pengiriman (Payment and Shipping Policy). Perhatikan bagaimana cara pembayaran dan ketentuan pengiriman. Apakah mereka menyediakan layanan pengiriman di kota Anda? Bagaimana tarifnya?
  • Ketentuan Kebijakan Pengembalian (Return & Refund Policy). Bila produk yang Anda beli tidak memenuhi spesifikasi atau harapan Anda, apakah barang tersebut dapat di kembalikan? Berapa lama waktu pengembaliannya? Apakah perusahaan juga menjamin uang kembali?
  • Alamat dan Kontak (Contact). Perhatikan apakah perusahaan memiliki alamat dan kontak yang jelas, baik itu email dan nomor telepon perusahaan. Anda dapat melakukan pencarian alamat lewat penelusuran Google Map atau Yellowpages Indonesia.
  • FAQs adalah informasi yang mencantumkan hal-hal yang sering ditanyakan sehubungan dengan layanan atau produk. Kini, banyak situs online menyediakan fitur chat, sehingga memudahkan pengguna/pelanggan berkomunikasi langsung dengan mereka.

3. Cari referensi pengalaman pengguna pada situs yang sama

Penting sekali mengetahui bagaimana pengalaman orang lain menggunakan layanan suatu situs bisnis online. Di bisnis offline mungkin kita sering mendengar ungkapan “Anda puas, beritahu teman”. Di dunia online hal ini juga berlaku. Pengalaman baik dan buruk menggunakan suatu layanan sering kita temukan di rimba internet. Bagaimana pun, celoteh keseharian kita sering terarsip di internet, mungkin itu di jejaring sosial atau di forum-forum.

Tetapi, Anda pun perlu menggunakan kehati-hatian dalam menyerap informasi. Bagaimana mengenali testimonial dan informasi lainnya, alami atau dibuat-buat? Ini tergantung pada daya pengamatan Anda.

Demikian 3 poin utama yang dapat disajikan Tipsmu-Tipsku bagi Anda yang mempertimbangkan belanja online di internet. Informasi singkat ini tentu tidak sepenuhnya menjamin pengalaman Anda akan aman bertransaksi. Prinsip kehati-hatian dalam memberikan informasi pribadi dan keuangan tentu menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh Anda abaikan.

0 komentar:

Posting Komentar