sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Makanan Sehat Meningkatkan Daya Ingat


Sebenarnya, ada gak sih makanan yang dapat meningkatkan daya ingat? Ini bukan pertanyaan yang mudah dijawab, kecuali kita mereview beberapa beberapa riset yang meneliti hal ini.

Akan tetapi, secara logis kita tahu bahwa apabila kita mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan menerapkan perilaku sehat sepanjang hidup, maka tubuh kita akan bekerja secara optimal, termasuk salah satunya, kinerja otak – yang membuat daya ingat kita akan lebih baik dibanding jika tidak mempraktekkan kebiasaan sehat.

Nutrisi otak

Setiap sel dalam tubuh membutuhkan pasokan oksigen dan nutrisi agar tetap hidup dan bekerja dengan baik, termasuk sel-sel otak. Karena oksigen dan nutrisi dibawa dalam aliran darah,  jadi  apa pun yang menghambat aliran darah akan membuat sel-sel otak tersebut tidak bekerja secara maksimal. Sejalan dengan hal itu, jelaslah bahwa jantung yang sehat untuk membuat otak juga sehat.

Dari sini dapat kita uraikan lagi, apa saja contoh makanan sehat yang tidak menimbulkan masalah pada kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk otak sehingga otak bekerja maksimal dan kemampuan daya ingat tetap baik. Mari kita lihat.

Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard Medical School selama 25 tahun terhadap 13.000 wanita menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi jumlah sayuran yang relatif tinggi selama bertahun-tahun mengalami pelambatan dalam penurunan daya ingat seiring pertambahan usia.  Artinya, daya ingat mereka yang mengkonsumsi lebih banyak sayuran tidak menurun secepat mereka yang relatif sedikit.

Makanan sehat


Jenis makanan sehat yang dapat meningkatkan kinerja otak dan daya ingat adalah:
  1. Sayuran hijau seperti: brokoli, bayam, sawi dan kangkung
  2. Buah-buahan seperti:  beri, anggur, apel, jeruk, tomat
  3. Umbi-umbian seperti: bawang (merah, putih), wortel, lobak
  4. Berbagai jenis makanan yang mengandung asam folat seperti: sereal, kacang kedelai, kacang polong
  5. Berbagai jenis makanan hewani yang kaya Omega-3, seperti: Salmon, Tuna, Telur
  6. Dan makanan alami lainnya yang rendah lemak.
Asam folat tampaknya memiliki efek langsung pada memori. Sebuah studi yang dilakukan di Tufts University di Boston diikuti sekitar 320 orang selama tiga tahun. Mereka yang memiliki kadar homocysteine darah yang tinggi menunjukkan penurunan daya ingat, tetapi jika mereka makan makanan yang kaya asam folat maka kadar homocysteine darah mereka akan turun sehingga kemampuan daya ingat mereka akan lebih baik.

Sebuah penelitian lainnya di Australia juga menemukan bahwa makan banyak makanan yang kaya asam folat dikaitkan dengan peningkatan kemampuan mengolah informasi dan daya ingat. Setelah partisipan mengkonsumsi makanan yang kaya asam folat  selama 5 minggu, mereka menunjukkan adanya perbaikan secara signifikan terhadap kemampuan daya ingat.

Selain mengkonsumsi makanan sehat di atas dalam jumlah yang cukup, tentu saja untuk meningkatkan daya ingat, kita perlu menerapkan kebiasaan sehat lainnya  dan melakukan aktivitas  yang melatih otak agar tetap aktif.

Artikel lain yang membahas bagaimana meningkatkan daya ingat dapat Anda lihat di Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi.

0 komentar:

Posting Komentar