sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Ingin Sehat Bugar Bahagia - Ini Caranya


Setiap orang ingin tetap sehat, bugar, dan bahagia setiap hari. Anda pasti tahu bahwa untuk mendapat ketiganya diperlukan kebiasaan sehat dan upaya berkelanjutan.  Namun, sebagai manusia yang tidak sempurna kita tidak sepenuhnya dapat mempertahankan kebiasaan itu seratus persen. Misalnya, walaupun seseorang dapat mempertahankan kebiasaan sehat selama jangka waktu tertentu, ia masih kemungkinan jatuh sakit. Dan anehnya, sebagaimana pendapat ahli, bahwa setiap hari sel-sel kita beregenerasi, tetapi kita tetap menjadi tua – cepat atau lambat.

Oke. Kita tidak dapat sepenuhnya sehat 100% sampai usia tua, tetapi kita dapat meminimalkan terkena penyakit, dan merasakan lebih banyak masa-masa sehat sepanjang hidup kita. Ini pemikiran yang realistis.

Untuk menikmati masa-masa sehat yang lebih panjang, kita harus kembali melihat diri kita. Apa yang kita lakukan, bagaimana lingkungan, dan hal-hal lain yang membuat  setiap orang memiliki kebiasaan dan cara hidup yang berbeda. Secara umum ada beberapa hal yang dapat Anda perhatikan agar sehat bugar dan bahagia lebih lama:

Terapkan pola makan yang baik
Agar sehat dan bugar, kita perlu menerapkan pola makan yang baik. Di tengah kesibukan dan ketergesa-gesaan pagi hari, sebagian orang lupa pentingnya untuk mengkhususkan waktu sarapan. Sementara sebagian orang lainnya, sengaja tidak sarapan karena alasan tertentu, mungkin untuk mengontrol berat badan atau karena alasan kesehatan lainnya. Mereka hanya minum segelas kopi atau teh bersama beberapa potong kue.

Penelitian menunjukkan bahwa pada pagi hari, tubuh kita sangat membutuhkan asupan energi, karena tubuh kita relatif melakukan aktivitas yang ringan selama 9 sampai 10 jam sebelum dan selama kita tidur. Begitu kita bangun pagi hari, kita siap menggunakan energi, oleh sebab itu tubuh perlu asupan makanan yang sehat dan berenergi hingga jam makan siang. Itu sebabnya sarapan pagi sangat baik untuk menopang tubuh beraktivitas lebih maksimal.

Sebagian orang mungkin sudah mempraktekkan sarapan pagi tanpa dengan asupan energi minimal, misalnya hanya dengan secangkir kopi atau teh beserta makanan ringan. Namun, mereka yang sarapan dengan makanan padat karbohidrat dan serat lebih mendapat manfaat yang maksimal dan tidak perlu kuatir kelaparan menunggu jam makan siang tiba. Anda juga tidak perlu kuatir kegemukan, karena pada jam-jam ini Anda bergerak lebih banyak.  Sebaliknya saat makan siang, porsi makan dapat sama atau lebih sedikit dari porsi sarapan bila Anda masih kuatir sedikit lebih gemuk. Sementara pada malam hari, porsi makan dikurangi lagi, dan makan 2 jam sebelum tidur dianjurkan untuk mengurangi penumpukan lemak dan mempersiapkan tidur yang optimal.

Minum air putih dengan cukup
Agar sehat dan bugar, kita perlu mengkonsumsi air yang cukup. Air merupakan bagian penting dari seluruh kehidupan di bumi. Itu sebabnya, para ahli bertanya-tanya - apakah ada air di Mars, sehubungan dengan kemungkinan adanya dan peluang kehidupan di sana.

Thoreau, ahli filsafat dan penulis abad 18 mengatakan bahwa air putih adalah minuman orang-orang bijak. Pendapat ini sangat tepat. Semua orang tahu, minum  air putih yang cukup adalah baik bagi tubuh. Tetapi di tengah lingkungan yang menawarkan banyak pilihan produk minuman, apakah kita cukup konsisten mempertahankan kebiasaan minum air putih  dalam jumlah yang cukup?
I believe that water is the only drink for a wise man.
Air putih mungkin hanya beberapa langkah dari jangkauan Anda, sadarilah bahwa itu penting bagi Anda. Minumlah dalam jumlah  yang cukup. Sediakan wadah persediaan air putih bila Anda bepergian atau berada di tempat dimana air putih jauh dari jangkauan Anda.

Kekurangan air putih menimbulkan sejumlah gejala pada tubuh, misalnya, kulit lebih kering, otot mudah letih, rentan terhadap flu, dan yang paling penting untuk dihindari – ginjal bekerja lebih keras saat persediaan air tidak cukup dalam tubuh.

Makan buah-buahan dan sayur-mayur 
Agar sehat dan bugar, konsumsi buah dan sayur yang cukup. Selain makanan pokok, makanlah buah dan sayur secara cukup. Buah dan sayur baik bagi kesehatan. Ini mungkin sudah ribuan kali kita dengar.  Ironisnya, di waktu santai kita lebih suka mengudap makanan dan minuman kemasan ketimbang buah atau jus buatan rumah.

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber nutrisi yang penting bagi kesehatan. Misalnya, buah berwarna gelap mengandung proanthocyanidins yang merupakan antioksidan potensial. Ini, pada gilirannya akan meminimalka radikal bebas (yang menyebabkan kerusakan sel), dan melawan kanker. Buah dan umbi berwarna orange, seperti jeruk, wortel dan ubi jalar merupakan sumber beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin ini penting bagi kesehatan kulit dan mata. Bayam merupakan sayur favorit yang merupakan sumber vitamin A, vitamin C, zat besi dan kalsium terbesar. Singkatnya, hampir semua buah-buahan dan sayuran mengandung serat yang dibutuhkan untuk mengatur kolesterol dan fungsi usus agar bekerja baik.

Tidur cukup dan teratur
Agar sehat dan bugar, tidurlah yang cukup. Tidur sama pentingnya dengan aktivitas fisik dan asupan nutrisi bagi tubuh yang merupakan penentu dari kesehatan kita.  Tidur merupakan kebutuhan pokok bagi bayi, anak, dan remaja bahkan orang dewasa. Kurang tidur dan gangguan tidur dapat mempengaruhi pola dasar perilaku yang berpengaruh negatif terhadap kesehatan keluarga dan hubungan interpersonal. Kelelahan dan kantuk dapat mengurangi produktivitas dan bahkan menimbulkan kecelakaan.

Lama dan durasi tidur mempengaruhi sejumlah endokrin, metabolik, dan fungsi neurologis yang penting untuk pemeliharaan kesehatan kita. Jika tidak segera pulih, gangguan tidur dan tidur yang kurang dapat meningkatkan resiko beberpa penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes.
Tidur yang cukup dapat membantu  tubuh melawan infeksi, membantu metabolisme dan peredaran darah, membuat mood lebih baik, dan akhirnya mendukung kita untuk dapat beraktifitas secara aman dan efektif. Tidurlah 6 – 8 jam sehari agar terasa bugar saat bangun pagi.

Miliki waktu pribadi
Luangkan waktu untuk diri sendiri atau me-time.  Waktu pribadi dapat dilakukan untuk melakukan kegiatan kerohanian, melakukan kegiatan fisik seperti olah raga, melakukan hobi, atau bahkan tidak melakukan apa-apa. Waktu pribadi memungkinkan Anda untuk keluar sejenak dari rutinitas dan membuat saraf-safat anda kendur dari ketegangan fokus yang berlebihan.

Pada saat menikmati waktu pribadi, orang dapat menemukan inspirasi, mendapat pelajaran dari hal-hal kecil yang sebenarnya penting bagi kesadaran.  Misalnya, pada saat Anda mendaki bukit kecil atau melakukan jalan santai sepanjang dua kilometer, Anda dapat memperhatikan perubahan sekitar, atau mendapati bahwa ada bagian dari diri Anda yang berubah ketimbang 2 tahun lalu. Ini merupakan masukan penting bagi perbaikan diri Anda selanjutnya.

Jauhi kebiasaan buruk
Untuk tetap sehat bugar dan bahagia, jauhilah kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk adalah tindakan konsisten yang dilakukan secara terus menerus hingga membentuk pola di pikiran bawah sadar. Sebagian orang tetap meneruskan kebiasaan merokok mereka, ada yang terus minum kopi, teh atau beralkohol, ada yang terus minum minuman penambah energi, dsb.

Anda perlu mengkaji apakah kebiasaan-kebiasaan Anda membawa manfaat atau justru merugikan kesehatan. Apakah Anda perlu meninggalkan atau cukup mengurangi intensitasnya. Seringkali kebiasaan-kebiasaan yang tampak tidak buruk sekalipun bisa saja membawa dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Semua ini perlu Anda kaji secara sadar.

Tetap menjaga hubungan baik dengan orang lain
Agar sehat, bugar dan bahagia, jaga hubungan baik dengan orang lain. Secara alamiah, kita adalah mahluk sosial. Dalam keluarga kita saling menyayangi satu-sama lain. Disamping itu kita merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang lebih besar. Kita terhubung dalam kekerabatan, keanggotaan organisasi, pekerjaan dan sebagainya dimana kita terhubungan dengan orang lain.

Dewasa ini, orang-orang menjadi semakin berjarak dengan orang lain yang mengakibatkan timbulnya prevalensi depresi dan perasaan tersisih. Kita tidak sekedar butuh berada di tengah-tengah keramaian, baik itu pekerjaan, keluarga, dan komunitas lainnya. Yang kita butuhkan adalah hubungan yang berarti.  Internet telah membawa sejumlah kemudahan dalam berkomunikasi, akan tetapi itu tidak cukup, terutama bagi mereka yang memiliki hubungan yang lebih dekat. Dalam berkomunikasi, bahasa tubuh, tatap muka dan sentuhan fisik sangat penting untuk kesehatan yang baik.

Sebuah penelitian di panti asuhan menunjukkan bahwa bayi yang mendapat sentuhan lebih cepat pertumbuhan dan perkembangannya daripada mereka yang ditinggalkan sendirian di boks. Penelitian yang sama menunjukkan bahwa sejak awal kehidupan, kita butuh sentuhan untuk membantu otak dan sistem saraf berkembang secara sehat.

Hubungan kita dengan orang lain memainkan peran penting dalam fisik, mental, emosional dan spiritual kita sehari-hari. Mengekspresikan cinta dan kasih sayang kepada pasangan dan orang yang dicintai secara teratur merupakan cara untuk membuka hati dan berbagi. Ada banyak cara untuk melakukan ini. Lakukan komunikasi secara rutin dengan keluarga dan teman-teman meskipun  terpisah oleh jarak.

Demikian artikel ringkas cara membangun hidup sehat bugar dan bahagia. Agar sehat bugar bahagia, apa lagi yang perlu dilakukan menurut Anda? Silahkan bagikan di kotak komentar.

0 komentar:

Posting Komentar