sumber: cobadibaca.com http://www.cobadibaca.com/2013/01/cara-membuat-slide-header-di-blog.html#ixzz2yT5HaYef Under Creative Commons License: Attribution

Rabu, 26 Maret 2014

Tanda-tanda Anda Menjalani Hubungan yang Tidak Sehat


Apakah Anda sedang dalam menjalani suatu hubungan dan mulai meragu setelah menjalani waktu dan pengalaman bersama yang seharusnya membuat Anda semakin yakin?

Kadang-kadang Anda berpikir, apakah itu cinta sejati atau hanya kegilaan? Bila Anda tidak yakin, berikut ini beberapa tanda-tanda suatu hubungan yang tidak sehat yang perlu diwaspadai.

1. Anda tidak mengalami pertumbuhan pribadi

Hubungan yang sehat seharusnya menawarkan tempat berlindung yang aman untuk pertumbuhan pribadi secara bersama-sama. Karena adanya anggapan bahwa tidak ada cinta sejati tanpa pengorbanan sering membuat orang terlena mengorbankan segala kemampuan tanpa pertimbangan yang rasional. Hubungan yang sehat adalah hubungan simbiose mutualisme yang membuat kedua pihak bertumbuh dan lebih bahagia.

2. Lelah dan menguras emosi

Apakah Anda pernah mendengar istilah vampir emosional? Karakter ini bisa saja berada di dekat Anda sambil menghisap energi dan emosional Anda. Jika Anda merasa terlalu letih berada dalam hubungan yang menguras energi dan emosi, dan itu hanya terjadi di pihak Anda, sebaiknya tinggalkan karena seringkali hubungan seperti ini tidak berakhir bahagia.

3. Marah dan menyalahkan

Jika Anda sering menghadapi seseorang yang cenderung marah dan menyalahkan Anda dalam masalahnya, dan Anda menghabiskan terlalu banyak energi membela diri atau mencoba memberi pemahaman tetapi tampaknya semua omong kosong baginya, maka berhentilah melakukan hal itu. Kadang-kadang diam itu emas.

4. Konflik dan pertengkaran

Hubungan yang ditandai sering terjadinya konflik, pertengkaran, menyalahkan dan kurangnya sikap memaafkan dan mengakui kesalahan biasanya akan semakin buruk. Semakin sering kedua belah pihak menghadapi konflik yang tidak terselesaikan,semakin mereka terjebak dalam perangkap pertengkaran yang semakin sengit.

5. Satu pihak menguasai yang lain

Apakah orang yang Anda cintai cenderung menguasai Anda? Misalnya, ia sering mengambil keputusan sendiri yang seharusnya diputuskan berdua. Ketika seseorang mendominasi yang lain, maka itu merupakan tanda-tanda hubungan yang tidak sehat.

Hubungan yang sehat menjaga kekuasaan yang seimbang dan menjaga kebebasan setiap orang secara pantas.

6. Hal-hal negatif tidak berubah jadi positif

Hubungan yang tidak sehat ditandai dengan hal-hal negatif.  Kebohongan, ejekan, dan penghinaan merupakan contoh pelecehan emosional dan tidak boleh ditoleransi. Tidak ada orang yang layak diperlakukan seperti itu, dan tidak ada alasan bagi siapa pun untuk melakukan hal-hal tersebut kepada orang lain.

7.  Bingung antara merasa dibutuhkan atau dicintai

Lihat apakah pasangan Anda posesif dan pencemburu, karena tanda tersebut merupakan tanda seseorang berada membutuhkan ketimbang mencintai. Jika cinta seseorang tergantung pada "apa yang dapat Anda lakukan untuk saya", sadarilah bahwa mungkin tidak ada cukup ruang kebebasan untuk hubungan Anda. Sifat posesif dan kecemburuan yang berlebihan sering dibarengi dengan curiga dan minimnya kepercayaan.

8. Anda kehilangan diri sendiri demi menemukan orang lain

Pastikan bahwa Anda tidak kehilangan diri sendiri dalam berusaha untuk menemukan orang lain. Ingatlah bahwa Anda juga membutuhkan diri Anda. Bila Anda berpikir harus memenuhi semua keinginan pasangan tanpa cela demi memenangkan hatinya, itu berarti Anda akan segera kehilangan diri Anda.
 
Demikian 8 tanda-tanda menjalani suatu hubungan yang tidak sehat untuk diwaspadai sejak dini. Lakukan perbaikan, sebelum hubungan Anda semakin memburuk.

0 komentar:

Posting Komentar